Suara 14

Cerpen-cerpen Koran Tempo

Cerpen Taufik Ikram Jamil (Koran Tempo, 23 Agustus 2015)

20180823

(Gambar oleh Munzir Fadly)

SAYA kira, Anda pun menerima pesan pendek pada telepon genggam itu, yang mengatakan bagaimana warga di sebuah negara merasa diserang oleh suara. Ya, tak sekedar diganggu suara, tapi diserang suara. Dengan demikian, ada upaya besar-besaran yang dilakukan pihak tertentu untuk mencapai tujuan khusus tanpa memedulikan dampak buruknya yang melibatkan semua warga; tak sipil, tak militer, tak besar, tak kecil, semua terlibat.

Kalau memanglah betul perkiraan saya, baiklah kita baca sekali lagi pesan itu, kemudian kita diskusikan bersama-sama. Mana tahu, kita dapat membantu warga di negara tersebut dalam menghadapi persoalan ini. Terlebih lagi, bukankah kita dapat mempelajari kejadian itu, sehingga dapat berjaga-jaga agar peristiwa serupa tidak menimpa warga negara kita pula. Terus-terang, saya khawatir serangan suara itu bisa saja menjalar ke tempat kita, bagaikan perang dunia. Mana tahu….

Ya, sudahlah, usah kita berandai-andai terlalu jauh. Mari kita baca…

View original post 1,144 more words

Advertisements

Sensasi Naik KRL Jadebotabek Yang Kini Gak Bisa Di Rasakan Lagi[Repost]

Sensasi Naik KRL Jadebotabek Yang Kini Gak Bisa Di Rasakan Lagi[Repost]

Sebelumnya, postingan ini Repost dari adoel.piero di Kaskus. Jadi om bakal nge copy-paste beberapa yang di posting sama agan adoel dan beberapa user lain tanpa ninggalin creditnya. Linknya disini :

Sensasi Naik KRL Jadebotabek Yang Kini Gak Bisa Di Rasakan Lagi

Jadi sepertinya agan adoel ini sudah lama sekali menikmati kereta listrik ini. Tepuk tangan buat agan satu ini. Sekarang semua jadi kenangan, kenapa?

Original Posted By pabeuh
kenapa kenangan itu terasa berkesan, karena itu tak akan terulang

Yep semuanya berkesan dan berbekas di kepala para veteran ini, boleh dibilang om om semua XD. Jadi apa aja kesan kesannya? Menurut agan adoel seperti ini :

  • Beda Bentuk Tiket

Original Posted By adoel.piero

Tiket sebelum era kereta komuter adalah berupa sebuah lembaran kertas tebal yang tertera harga, tempat asal, tujuan dan tanggal.

Tiket tersebut akan di periksa di pintu masuk stasiun dan juga pada saat kereta berjalan, untuk menandai bahwa tiket tersebut telah di gunakan adalah petugas akan membolonginya menggunakan alat yang berbentuk seperti sebuah tang.

  • Gak Beli Karcis, Cukup Bilang “Abu” Aja

Original Posted By adoel.piero

Petugas : “cis karcis”
A: “Abu”
Petugas : “karcis pak” (bertanya pada penumpang sebelah)
Penumpang sebelah : “abu”
Untuk menjawab rasa penasaaran, ane bertanya pada penumpang sebelah
A: “Maaf, pak. abu itu apa, kok naik kereta bisa gratis hanya bilang abu sambil membuka kantong baju”
Penumpang : “Lho, abu itu abunement/abodemen. tanda berlangganan naik kereta. bukannya tadi juga bapak bilang abu…”
A: “Ya pak, tapi saya baru tau sekarang kalo abu itu abunement langganan kereta”
Penumpang : “jadi bapak selama ini naik krl gratis”
A: “iya pak,, he he”

  • Beli Tiket Gak Sesuai Tujuan,,, Dari Bogor Beli Tiketnya Tujuan Depok, Padahal Turun Di Stasiun Kota

Original Posted By kachu3008
beli tiket ekonomi naik naiknya yg ac, naik kereta sambil tengok kanan-kiri takut ada pemeriksaan tiket.

Original Posted By ogeng98


Oh iya, masih bisa naik ke ruang kemudi gan KRL jadul, bayarnya sama masinis-nya.

  • Naik Di Atap Gerbong Kereta & Sambungan KRL

Original Posted By adoel.piero

Buat ente yang pernah melakukannya, ane angkat topi dech,,, salute… . Untuk beberapa trayek jauh, duduk di atas gerbong adalah pilihan menyenangkan sekaligus berbahaya. Jika hujan turun nikmatilah akupuntur butiran air yang tajam menusuk kulit saat kereta berlari dalam kecepatan penuh.

Tidak dianjurkan!
  • Pintu Kereta Yang Selalu Terbuka

Original Posted By adoel.piero

Sebenarnya seluruh pintu kereta pada saat ini akan terbuka saat kereta berhenti dan akan tertutup kembali secara otomatis saat kereta akan berjalan.
Tapi ada beberapa oknum penumpang yang sengaja membuat supaya pintu kereta tersebut terbuka dengan cara mengganjal batu, entah karena alasan ingin mendapatkan udara segar (maklum saat itu gerbong kereta ekonomi tidak di lengkapi AC) atau alasan ingin menikmati pemandangan dan alasannya karena gerbong kereta yang sudah terlalu penuh sehingga mereka rela bergantungan di pintu kereta yang berjalan.

  • Duduk di Pintu

Original Posted By adoel.piero

Hal ini pernah ane lakukan di kereta, alasan ane sich simple; ingin menikmati pemandangan dan memberikan kesempatan pada orang lain untuk duduk di bangku kereta.
Rasanya seru aja menikmati pemandangan sekitar saat kereta berjalan.

  • Pengamen dan Artis Jalanan Yang Kreatif

  • Pedagang Asongan Menjual Berbagai Macam Barang Dagangan Murah

Original Posted By adoel.piero

Jangan takut kelaparan di dalam kereta karena tiap menit ada saja pedangang asongan yang lewat untuk menawarkan berbagai macam barang dagangannya, biasanya mereka menjual makanan dan minuman, namun yang paling saya suka adalah masing-penjual menpunyai “lirik” tersendiri untuk menawarkan dagangannya dengan berbagai macam iramanya, seperti “Yang haus-yang haus…mison mison, aqua air..air..air..”.

Original Posted By neoroby

kangen saat-saat itu, kereta sm stasiun mirip pasar.. bisa dapet barang unik/murah

  • Pengemis Yang Silih Berganti

Original Posted By adoel.piero

Pengemis juga merupakan salah satu yang banyak di temukan di kereta KRL, mulai dari yang hanya ingin di kasihani atau mengemis sambil membersihkan kereta juga ada.

  • Berdesakan Sambil Menikmati Semerbak Bau Keringat

Original Posted By adoel.piero

Apabila ente Naik kereta lewat dari jam 4 sore, maka dapat ane pastikan semua penumpang akan sulit mendapatkan kenyamanan. karena pada jam-jam tersebut adalah jam sibuk di mana banyak pernumpang yang baru pulang kerja. Di hinggapi rasa lelah, naik kereta berdesakan seperti ikan asin di dalam karung, dan menikmati semerbak bau keringat yang aromanya beraneka.
Maklum dech, parfum yang mereka gunakan pagi tadi wanginya sudah menghilang.

Original Posted By zombloh
ane dulu naik kreta dari manggarai slalu lewat rel. ga pernah beli karcis…
palagi pas kerja naik kreta api pagi hari…amit2 dah. kaki di kanan kepala dikiri …jadi diri ane bengkok gan.
Dulu kalo brangkat kerja Baju kerja rapi..dendy wangi.turun di gondangdia kayak abis macul bau keringet.Saking penuhnya ga ketulungan.
Makanya ane kalo berangkat kerja. ga mandi gan. Bawa baju gawe, alat mandi…sampe kantor baru deh dandan.

  • Copet Everywhere

  • Di Dalam Stasiun Banyak Juga Yang Jualan

  • Naik Kereta Subuh Bareng Karung Sayuran, Bahkan Ayam & Kambing Ikut Menemani

    Solat Subuh di Kereta

Original Posted By adoel.piero

Pernahkah agan naik kereta di saat adzan subuh berkumandang?,,, Sensasi naik kereta di pagi-pagi buta ini adalah biasanya agan akan di temani dengan karung sayuran dan berbagai macam barang lainnya, Karena pada jam tersebut biasanya di penuhi oleh para pedagang sayuran yang baru pulang dari pasar membawa barang dagangan untuk di jual di rumah mereka.
Bahkan bukan cuma karung sayur yang kita temui, ayam dan kambing pun beberapa kali ane temui di dalam gerbong kereta.

Original Posted By orochimori

Ane malah pernah takjub gila, namanya filing cabinet, lemari yang segede gaban itu bisa masuk ke dalem kereta dan masih bisa juga orang masuk numpuk di sela-selanya, berasa ngeliat sulapnya David Copperfield

Original Posted By xxxprezzo

ane pernah rasain kereta jadul yg jam 4 shubuh gan, bner2 dah dsitu di mix antara manusia hewan sayuran ma barang2 lain di tmpuk jadi satu

Om sering berangkat pas subuh! Belom subuh malah. XD

  • Kereta Kita Berhenti Menunggu Kereta Express Lewat Mendahului

Dulu jamannya kereta Ekspress / Pakuan sama ekonomi. Kalo yang Pakuan/ekspress cuma berhenti di beberapa stasiun doang kayak bogor, cilebut, bojong gede, citayam, depok, depok baru. Terus perjalanan dilanjutkan tanpa berhenti sampai Manggarai. Isinya Om-om eksekutif berjas semua. Lumayan cepat memang. Tapi yang ekonomi lebih sering didahului. XD

  • Kereta Mogok

  • Salah Jurusan

Original Posted By adoel.piero

Yg ini bukn judul lagu /RIF, tp klo ane pernah mau ke Kota salah naik kereta jurusan yg ke Tn. Abang,,,
Gara2 asik ngobrol jd gak dengerin info yg di umumkan via speaker

Okee sekian Copy Paste dari om selamat buat veteran sekarang, kita cuma bisa mengenangnya XD Salam anak kereta 😉

Tutorial Naik Commuter Line Jabodetabek

Tutorial Naik Commuter Line Jabodetabek

Oke, untuk pertamanya om mau jelasin tentang Commuter Line. Buat kamu yang dari luar Jabodetabek, perhatiin aja siapa tau kalo lagi mampir kesini bisa jalan-jalan pake ini. Buat kamu yang dari Jabodetabek wajib baca ini. Kenapa? Transportasi ini bisa dibilang sangat murah dan efisien. Jangan ngaku warga Jabodetabek tapi ga bisa naik ini.

Commuter Line apaan om?

KA Commuter Jabodetabek (atau disebut juga KRL Commuter Line, dulu dikenal sebagai KRL Jabotabek) adalah jalur kereta rel listrik yang dioperasikan oleh PT KAI Commuter Jabodetabek, anak perusahaan dari PT Kereta Api Indonesia (PTKA). KRL telah beroperasi di wilayah Jakarta sejak tahun 1976, hingga kini melayani rute komuter di wilayah DKI Jakarta, Kota Depok, Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Bekasi, Kabupaten Lebak, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan. (Source : Wikipedia)

Commuter Line
Commuter Line

Bisa kemana aja pake ini om?

Bisa diliat diatas Commuter Line ini beroperasi di Jabodetabek alias Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Tapi baru-baru ini ada rute baru ke Nambo dan dipersiapkan rute ke Rangkasbitung, tapi belom jadi ya. Lebih lengkapnya liat aja disini :

Gimana caranya kita naik Commuter Line om?

Pertama, kamu mesti tau dulu ada 2 macam tiket untuk menggunakan Commuter Line.

  • Tiket Harian Berjaminan. Warnanya putih sama tulisan tulisannya hitam. Ga macem macem.
  • Kartu Multi Trip. Warna-warni dominan hitam-oranye. Ga macem-macem juga.

tiket harian berjaminan kartu thb

Tiket Harian Berjaminan

Caranya om?

Iya bentar, Tiket Harian Berjaminan atau THB adalah tiket yang digunakan untuk sekali perjalanan pada tanggal pembelian perjalanan.

Ga ngerti? Sama om juga. Bahasanya ribet. Jadi ini tiket harganya Rp 10.000.- untuk jaminan. YA, untuk jaminan.

Maksudnya? Tiket ini bisa dikembalikan menjadi Rp 10.000.- tadi setelah kamu selesai menggunakannya.

Harga tiketnya aja om? Perjalanannya gimana? Iya harga perjalanannya beda lagi. Buat harga perjalanannya om kasih linknya dibawah. Jadi sebut saja harga perjalanannya sekarang Rp 2.000.-. Nah pas pertama kali beli, berarti kamu mesti bayar Rp 10.000.- PLUS Rp 2.000.- SAMADENGAN Rp 12.000.-. Nah bayar tuh ke mba-mba cantiknya yang jaga loketnya. Jangan lupa bilang terimakasih.

Buat pertama kali beli om? Kalo buat pulangnya?

Kalo buat pulangnya selama kamu masih pegang kartu THB yang berlaku kamu tinggal beli perjalanannya doang.

Berlaku? Emang bisa ga berlaku om?

Bisa, sangat bisa. Caranya buat menyia-nyiakan sepuluh ribu kamu :

  • Nganggurin kartu THB kamu selama 7 hari dari hari terakhir kali kamu pake. Hanguslah.
  • Kamu beli perjalanan di stasiun A terus 1 jam kemudian kamu keluar dari Stasiun A. Musnahlah.
  • Kamu beli perjalanan yang 2000 tapi kamu jalan lebih dari 2000 alias kurang bayar. Lenyaplah.
  • Kamu rusakin (patah, gigit, gunting) kartunya. Hancurlah.
  • Kamu ilangin kartunya. Hilanglah.

Jadi kartu THB cuma berlaku 7 hari doang om? Gak kok, umurnya THB ini nambah setiap kamu beli perjalanan. Misalkan sisa 3 hari, kamu beli perjalanan, nambah lagi deh umurnya jadi 7 hari lagi. Selamaat!

Ohh gitu om? Ada peraturan lainnya gak? Coba cek aja disini : Peraturannya

Buat yang Kartu Multi Trip gimana om?

Kartu Multi Trip atau KMT ini beda sama THB yang cuma bisa isi perjalanan doang. Kartu ini hanya bisa diisi saldo atau uang. Saldonya berkurang setiap kita keluar di stasiun yang kita tuju.

kartu kmt multi trip

Kartu Multi Trip

Harganya om?

Harganya Rp 50.000.- isinya ada saldo cuma-cuma Rp. 30.000.-

Ada caranya ga om buat KMT?

Ada, minimal saldo buat Tap-in itu Rp. 11.000.- kalo kurang ga bisa masuk. Kartu ini bisa diisi nominal berapa aja.

Ohh gitu om, ada peraturan lainnya ga? Coba cek aja disini : Peraturannya

Sebenernya ada kartu lain selain dua diatas yaitu kartu electronic cash dari bank-bank yang udah kerjasama sama Commuterline. Bisa didapetin di bank tersebut dan bisa diisi ulang di beberapa atm dan minimarket yang udah ngedukung. Lebih praktis, isinya gampang. Jadi kamu ga usah ngantri lagi di loket.

flazz brizzi tapcash emoney
Kartu Uang Elektronik

HARGANYA MANA OM? Oh iya lupa, cek aja disini. Harganya

Buat jadwalnya cek disini : Jadwal


Tips and Tricks

Beli tiketnya, jangan sampe ga beli, kalo ga beli ga bisa masuk.

Oh ya tentuin dulu kamu mau kemana.

Pake baju yang sopan dan nyaman dipakai. Buat ngegampangin pergerakan kamu di kereta. In case kamu bakal lari buat kejar kereta, seriously.

Walaupun ga bisa diandelin banget, kamu harus lihat jadwal sebelum berangkat ke stasiun, biar tak menunggu lama ataupun ketinggalan kereta.

Kalo bisa kamu pake sendal, kalo udah sampe tujuan baru pake sepatunya. Kalo lagi jam sibuk itu kemungkinan kamu bakal diinjek kakinya. Sayang kan sepatunya udah om beliin.

Taro tas kamu di depan ya, mencegah hal yang ga ga.

Kalo stasiun yang kamu tuju udah deket, jangan lupa siap siap. Jangan sampe kamu kaget pas dibuka pintunya. Apalagi kalo penuh.

Kalo kamu ga turun tapi di pintu, kasih jalan buat yang naik atau yang turun.

Usahain kamu utamain penumpang yang turun ya, jangan di alangin. Kenapa? Kalo penumpang yang ga bisa turun lebih repot daripada yang ga bisa naik.

Kasih tempat duduk buat yang membutuhkan, jangan Cuma tempat duduk prioritas. Tempat duduk biasa juga kasih buat yang ngebutuhin.

Sesuai peraturan, barang bagasi kamu ga boleh lebih dari 100 cm x 40 cm x 30 cm. Jangan sampe ganggu orang lain yaa.

Ada tulisan dilarang makan dan minum? Masih boleh kok, asal ga kotor.

Jaga rapih-rapih ya keretanya, kenyamanan bersama milik semua orang.

Kalo kamu ga pasti berapa lama kamu bakal turun, dengerin aja suara remindernya kalo keretanya udah dimana.

Jangan lupa pegangan yah kamu, om gamau liat kamu dipegang pegang orang lain. :p

Kalo jauh perjalanannya pake headset biar ga bosen, tapi inget jaga sikap jangan kegedean suaranya supaya interaksi sama manusia lain gampang.

Jaga sikap kamu dalem kereta, jangan egois sesama manusia. Kasih jalan kalo ada yang mau lewat.

Ini bukan Cuma di kereta tapi di tempat umum, tapi berhubung di kereta kamu bakal angkat tangan kalo dan desek desekan, jangan lupa pake deodorant. Yhuck.

Om saranin kalo perjalanannya jauh ambil di bagian sambungan kereta. Dimana sambungannya? Di antara 2 gerbong itu ada pintu, nah disitu tempatnya. Mending nyender disitu daripada di pintu.

Ato kamu bingung mau tanya tanya? Banyak kok PKD / satpam buat tanya-tanya.

Di stasiun transit kamu harus hati-hati buat nyebrang, liat kanan kiri baru nyebrang ya.

Stasiun transit apa aja?  Coba liat di petanya, stasiun transit itu : Jakarta Kota, Manggarai, Jatinegara, Tanah Abang, Duri, Citayam, dan Kampung Bandan.

Download aplikasinya biar tau lokasi keretanya di stasiun tertentu : Android 

Bingung transitnya? Coba om jelasin.

  • Manggarai jalur 1 : Bekasi / Jakarta kota / Kereta langsung. Jalur 2 : Duri, Bekasi. Jalur 3 : Jakarta Kota / Kereta langsung. Jalur 4 : Bekasi / Kereta langsung. Jalur 5 Jatinegara / Duri / Jakarta Kota. Jalur 6 : Bogor. Jalur 7 : Duri.
  • Jatinegara Jalur 1 : Bekasi. Jalur 2 & 3 : Jakarta Kota/Kereta langsung. Jalur 4 & 5 : Bogor.
  • Jakarta Kota Jalur 12, 11, 10 : Bogor / Bekasi / Depok. Jalur 3 : Kampung Bandan.
  • Tanah Abang Jalur 2 : Duri / Jatinegara. Jalur 3 : Bogor / Manggarai / Depok. Jalur 5 & 6 : Serpong, Parung Panjang, Maja / Kereta langsung.
  • Duri Jalur 1 : Jatinegara. Jalur 2 : Bogor, Manggarai. Jalur 3/4 : Tangerang / Manggarai.

Kalo emang belom pasti sama jalurnya, tanya petugasnya ya.

Om aku ga bisa bedain keretanya tujuan kemana? 

Kamu liat aja tempat masinisnya, disitu ada tulisan tujuannya kok. Apa ga bisa liat ke depan / belakangnya? Tanya aja orang sekitar kamu :p


JANGAN

Hal-hal yang ga boleh / pantang dilakukan di kereta.

Jangan nyopet!

Jangan ngelakuin tindakan Asusila.

Jangan duduk di lantai / pake kursi kecil. Nyusahin yang jalan sama sempitin orang lain.

Jangan masuk ke kabin masinis.

Jangan Egois! Sekali lagi, jangan EGOIS. Kenapa? Ini adalah kendaraan umum, bukan cuma kamu doang yang naik ini tapi ribuan orang juga naik ini.

Jangan buang sampah sembarangan! Memang ada yang bersihin, tapi kita ga semerta merta bisa buang sampah sembarangan

Jangan corat coret kereta, bolong-bolongin kursi, cabut kaca film, buka jendela. Seriously.

Jangan berdiri ngelewatin garis kuning.

Jangan masuk ke gerbong cewek buat yang cowok. Kalo bisa jangan di sambungannya juga, bikin risih lawan jenis kamu tau.

Oke. Baru segini nanti om update lagi. Have a nice trip with Commuter Line. 😉

Kenalan Sama Om

Kenalan Sama Om

Perkenalkan, omnanan disini.

Banyak yang bilang “Mulailah menulis” jadi om coba bikin blog buat nulis apa yang om mau. Mungkin di awal bakal absurd. Ya pasti absurd. Terserah om.

Oke, tak sayang maka tak kenal

Jadi di page ini om mau describe om ini kayak gimana :

  • Om?

Iya om, banyak yang panggil om.

  • Om suka naik kereta?

Kalo kemana-mana sekarang ini enakan naik kereta. Terutama Jabodetabek ya. Mau berangkat bareng om?

  • Om suka jalan jalan?

Jalan-jalan memang enak. Apalagi bareng sama mahluk-mahluk yang seru. Mau jalan bareng om?

  • Om suka Gadget but not so Freak?

Om suka gadget terutama Smartphone. Kamu suka Smartphone? Pilih aja yang mana, nanti om review. Atau mau tanya tentang smartphone? Tanya saja.

  • Om suka nulis apa aja?

Om tulis apa aja disini, terserah om. Kamu mau nulis?

Oke sekian, nikmati apa yang kamu mau disini.